Jangan Lupa Comment nya??..Bila Seseorang Menunggu terlalu lama yang bisa di harap adalah kedatangan walau satu detik untuknya...

Bab 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bahan Bakar Minyak ( BBM ) merupakan kebutuhan vital bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, karena banyak perusahaan – perusahaan besar yang menjadi pendorong roda perekonomian menggunakan BBM. Aktivitas masyarakat sehari – hari juga selalu melibatkan yang namanya bahan bakar dan minyak tetapi dalam kenyataanya masih banyak kendala – kendala yang sering terjadi dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Sulitnya mendapatkan BBM bahkan harus antri berjam – jam karena kelangkaan minyak. Efeknya akan terasa sekali pada lapisan masyarakat bawah yang berada didaerah - daerah terpencil harga BBM yang melambung tinggi dan tidak seragam dengan daerah lain. Hal ini sangat bertentangan dengan program pembangunan yang merata diseluruh wilayah Tanah Air, Padahal kenyataanya sumber minyak dan gas kita berlimpah ruah, eksplorasi minyak hampir diseluruh wilayah Indonesia, bahkan sanggup mengekspor minyak ke negara lain.

Perencanaan dan pengelolaan hasil sumber daya alam minyak mutlak diperlukan dalam hal ini pendistribusianya ke masyarakat luas perlu diperhatikan dan menjadi kajian pihak – pihak terkait dalam hal ini menjadi BPH MIGAS. Dari hal tersebut perlu adanya suatu sistem informasi geografis yang memadai yang bisa membantu dalam pendistribusianya.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya penyajian informasi, maka sistem informasi geografis berbasis pada komputerisasi dengan penyajian informasi dan obyek secara visual dapat memberikan informasi yang lebih efektif dan memudahkan dalam analisa, pengembangan, pengambilan keputusan, serta penyajian yang berorientasi pada pemetaan suatu lokasi, diharapkan dengan sistem informasi geografis ini dapat membantu pihak – pihak terkait yaitu PERTAMINA.

1.2 Ruang Lingkup

Dalam penulisan skipsi ini dibatasi masalah :

a. Pembuatan program aplikasi sistem informasi geografis pendistribusian BBM didaerah kerja UPms. III Terminal Transit Tanjung Gerem, Banten.

b. Basis data pendukung pemetaan wilayah.

c. Penyajian peta wilayah Banten yang meliputi Kab.serang, Kab.cilegon, Kab. Pandeglang, Kab. Rangkas bitung, Kab. Tangerang.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuanya yaitu pembuatan rancangan aplikasi dengan tampilan sistem informasi geografis pendistribusian BBM wilayah distribusi dari Terminal Transit Tanjung Gerem di Banten yang mudah digunakan aplikasinya.

Manfaatnya yang pertama, Dapat membantu pemerintah dalam pengembangan pendistribusian minyak juga perusahaan – perusahaan atau perorangan untuk mengambil keputusan terbaik atau mencari solusi tepat yang ada erat kaitanya dengan informasi geografis.

Manfaat yang kedua, memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang lokasi – lokasi sebaran SPBU diwilayah Unit pemasaran terminal transit tanjung Gerem Banten, dengan peta tematik yang mudah digunakan disertai dengan data atribut/tabular.

1.4 Metodologi

Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dan informasi – informasi penunjang dalam penyusunan skripsi ini adalah :

1.4.1 Kepustakaan

Melakukan pengumpulan data yang berasal dari sumber – sumber pustaka dan literatur yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

1.4.2 Studi Lapangan

Yaitu pengumpulan data dan informasi yang diperlukan dengan cara mendatangi langsung instansi yang terkait dalam penulisan skripsi dalam hal ini adalah PT. PERTAMINA (Persero).

1.4.3 Wawancara

Melakukan pengumpulan data dari wawancara terhadap orang – orang yang masih ada keterkaitanya dengan masalah penulisan skripsi ini.

1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini dituangkan uraian tentang latar belakang, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi dalam penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini membahas tentang istilah sistem, data dan informasi, sistem informasi geografis serta perangkat – perangkat yang mendukung dalam aplikasi baik harware maupun software.

BAB III ANALISIS DISTRIBUSI BBM UNIT PEMASARAN III TERMINAL TRANSIT TANJUNG GEREM.

Pada bab ini akan dibahas mengenai analisis pendistribusian BBM yang menjadi wilayah UPms. III Terminal Transit Tanjung Gerem.

BAB IV RANCANGAN

Pada bab ini akan dibahas mengenai Perancangan sistem informasi geografis, Rancangan Keluaran, Rancangan Masukan, Rancangan Basis Data, dan Rancangan Proses.

BAB V HASIL PEMBAHASAN

Pada bab ini akan membahas mengenai perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan berikut konfigurasinya, intalasi sistem dan contoh cara pengoperasianya.

BAB VI PENUTUP

Pada bab ini dibahas tentang uraian skripsi dari awal hingga selesainya penulisan dan juga kesimpulan terhadap pembahasan yang telah diuraikan dari bab – bab sebelumnya.

0 komentar: