Jangan Lupa Comment nya??..Bila Seseorang Menunggu terlalu lama yang bisa di harap adalah kedatangan walau satu detik untuknya...

Perancangan aplikasi program

BAB IV

RANCANGAN APLIKASI SIG PENYALURAN BBM UPMS III TERMINAL TRANSIT

4.1. Perancangan Sistem

Perancangan sistem ini merupakan langkah utama dalam pembuatan aplikasi yang di representasikan, oleh sebab itu dalam langkah – langkah perancangan ini akan dijelaskan secara rinci sedetail mungkin agar seluruh user dapat memahami bagaimana aplikasi ini bekerja dengan baik dan dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan.

Dalam perancangan sistem informasi geografis ini penulis akan menguraikan seluruh rangkaian kerja dari aplikasi ini baik rancangan keluaran, rancangan, masukan , rancangan basis data dan rancangan proses.

4.1.1. Rancangan keluaran ( output )

Rancangan keluaran pada sistem informasi geografis dirancang menampilkan informasi dalam tampilan dialog antar muka atau tampilan dokumen – dokumen yang memandu pengguna/user untuk mendapatkan informasi geografis penyaluran BBM UPMS III Terminal Transit Tanjung Gerem.

Rancangan keluaran yang dihasilkan akan berbentuk peta – peta tematik yang dapat diakses langsung oleh user secara interaktif seperti pada peta Indonesia dengan lokasi dan fasilitas – fasilitas yang dimiliki pertamina. Peta tematik banten yang dapat diakses langsung dengan menampilkan data – data atribut mengenai pendistribusian BBM. Yang langsung biasa kita lihat dengan tampilan kotak info secara langsung sesuai dengan data peta lokasi yang dimaksud.

4.1.2. Struktur Menu

Disini ditampilkan secara sederhana urutan – urutan menu yang ada di dalam program. Setelah layar pembukaan pada password terlihat pada layar, kemudian masuk pada program Sistem Informasi Geografis yang terdapat menu utama, Berikut ini struktur menu SIG Penyaluran BBM Pertamina.


Gambar 4.1 Struktur Menu Program GIS

4.1.3. Rancangan Layar Antar Muka Pemakai

Dalam memudahkan penggunaan Sistem Informasi Geografis Penyaluran BBM UPMS III Terminal Transit Tanjung Gerem, akan dimulai dengan merancang layar tampilan atau dialog yang akan digunakan oleh User.

Dalam merancang layar ( bentuk Tampilan ) program yang akan digunakan oleh pemakai dimulai dengan merancang tampilan layar menu utama, rancangan layar password, rancangan layar load map Indonesia, rancangan load map Banten, rancangan layar browse, rancangan layar about programmer, rancangan layar pencarian dan juga pencarian ahli. Dengan menggunakan program visual basic sedangkan data – datanya baik berupa peta maupun tabel yang diolah pada pemrograman MapInfo 7.0, pada layar dirancang secara sederhana agar lebih mudah dipahami dan aplikasinya lebih gampang penggunaanya, menu – menu juga tool yang disajikan pada tiap layar tidak jauh beda bila kita menggunakan MapInfo secara langsung membuka program tersebut. Rancangan - rancangan bias dilihat pada gambar – gambar di bawah ini.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah sayang sekali gambarnya nggak muncul.... tapi bagaimanapun saya tetap mengucapkan banyak terima kasih, bisa menambah wawasan.. terima kasih...nice posting